Minggu, 06 Mei 2012

ETIKA KOMUNIKASI BISNIS

jika kita berbicara tentang etika komunikasi bisnis, maka kita tidak akan lepas dari bahasan tentang etika komunikasi dan etika bisnis; dimana masing-masing bidang memiliki penjelasan tersendiri. Etika komunikasi dapat dikatakan sebagai serangkaian prinsip dasar atau aturan dalam melakukan komunikasi, yang mencakup seluruh komponen proses komunikasi. Sedangkan yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat. Jika kita gabungkan, etika komunikasi bisnis adalah serangkaian prinsip dasar atau aturan komunikasi yang dilakukan dalam berbisnis. Kesemuanya ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil (fairness), sesuai dengan hukum yang berlaku (legal) tidak tergantung pada kedudukani individu ataupun perusahaan di masyarakat. Etika komunikasi bisnis tidak jauh berbeda dengan etika dalam berkomunikasi. Setiap perusahaan memiliki etika komunikasi bisnis masing-masing, sehingga memiliki aturan dan poin etika yang berbeda. Namun tidak seperti etika bisnis, biasanya etika komunikasi bisnis tidak ditulis secara resmi oleh setiap perusahaan. Perusahaan hanya membuat etika bisnis sehingga implementasinya mempengaruhi cara komunikasi bisnis mereka. Perusahaan besar seperti PT. Telkom, PT. Indosat, dan Worldcom. memiliki peraturan perusahaan yang sangat ketat sesuai dengan ketentuan dari Sarbannes Oxley (badan resmi yang menetapkan ketentuan dan peraturan untuk perusahaan), termasuk etika bisnis yang dimuat dalam situs web resmi mereka. Jika kita perhatikan lebih cermat, ada beberapa poin etika bisnis yang berhubungan dengan etika komunikasi bisnis mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar