Minggu, 06 Mei 2012

komunikasi dalam manajemen bisnis

Tujuan organisasi bisnis adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.Sebagai sebuah kegiatan bisnis, organisasi bisnis pun bertujuan untuk mendapatkankeuntungan. Keuntungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat itu diperoleh melaluicara yang legal dengan menyediakan kebutuhan barang dan jasa masyarakat. Elemen-elemen organisasi bisnis dapat dibagi dua menjadi elemen eksternal danelemen internal. Elemen internal berada di dalam organisasi bisnis yang mencakup mulai daripemilik perusahaan, manajemen, sampai karyawan. Sedangkan elemen eksternal adalahlembaga-lembaga yang secara langsung maupun berpengaruh pada organisasi/lembaga bisnis,seperti lembaga pemerintah, pemasok, pelanggan dan penyalur.Fungsi komunikasi dalam manajemen adalah sebagai alat untuk mengintegrasikan danmengkoordinasikan para pelaku bisnis. Fungsi komunikasi ini mengikuti juga fungsi-fungsimanajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, actuating dan pengawasan. Komunikasidalam bisnis sangat penting untuk mendapatkan informasi dan mempengaruhi.Kegiatan komunikasi dalam manajemen amat bergantung pada iklim komunikasi didalam organisasi/lembaga bisnis. Iklim komunikasi ini amat dipengaruhi gaya manajemen.Ada 4 gaya manajemen, yakni: 1. gaya direktif, 2. gaya pelatih, 3. gaya superotif, dan 4. gaya pendelegasian. Akan tetapi, dalam manajemen mutakhir ada gaya yang sedang menjaditren, yakni gaya partisipatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar