Minggu, 06 Mei 2012

SISTEM KOMUNIKASI BISNIS JEPANG

Komunikasi Bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yangmencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.Karena Komunikasi bisnis ini merupakan komunikasi yang terjadi di dunia bisnis, kita tidak boleh melanggar norma-norma yang ditetapkan oleh dunia bisnis ketika melakukankomunikasi.Peran komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting. Tidak ada seorangpundalam keseharian tugasnya tanpa berkomunikasi. Baik itu bertema masalah pekerjaanmaupun masalah di luar pekerjaan, seperti masalah keluarga, politik, sosial dan ekonominasional. Semua ini pasti dilakukan lewat komunikasi. Juga baik itu dilakukan melalui jalurvertikal (atasan-bawahan) maupun jalur horisontal (kolega setingkat). Dalam komunikasiorang Jepang dalam dunia bisnis. Orang jepang sering menggunakan kata “ hai ( ya )“, dan tidak pernah mengatakan tidak ( iie ).Cara orang Jepang berkomunikasi di bidang bisnis sedikit berbeda dengan cara orangbarat. Kata “ya” yang diucapkan pengusaha Jepang tidak selalu bermakna setuju. “ya” memiliki banyak makna. Kata tersebut dapat bermakna paham terhadap masalah yangdiperbincangkan, tetapi hal itu belum tentu ia setuju atau mau menerima bisnis yangditawarkan. Biasanya, orang Jepang memulai hubungan perundingan dengan hal yang tidak berkaitan dengan topik utama yang akan diperbincangkan. Terkadang, dengan sengaja,mereka tidak memberikan jawaban secara terus terang terhadap tawaran pengusaha yangberurusan dengannya. Akan tetapi, mereka tidak bermaksud membingungkan pengusahaasing. Sikap tersebut menunjukkan kesulitan orang Jepang untuk menolak suatu tawaran dengan kata “tidak”. Orang Jepang mempunyai cara halus untuk menolak suatu tawaran dalam bisnis.Sedapat mungkin mereka berusaha tidak melukai hati orang yang berbisnis dengan mereka.Sebaliknya, jika seseorang melukai hati orang Jepang, kesempatan untuk berbisnis lagidengannya akan tertutup. Cara halus untuk menolak suatu tawaran dalam bisnis merupakansebagian dari cara orang Jepang menunjukkan reaksinya terhadap pandangan dan pendapatyang tidak disetujuinya demi menjaga keharmonisan dan menghindari perselisihan. OrangJepang tidak mencampur-adukkan urusan bisnis dengan pribadi. Jadi, menurut orang Jepang, jika urusan bisnis tidak berhasil, bukan berarti tidak boleh menjalin hubungan persahabatan.Keberhasilan komunikasi di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaanpemahaman antara-orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahamanini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat dan waktu) komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakankombinasi cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinyapeyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas. Keberhasilan komunikasi bisnis jugasangat ditentukan oleh adanya efektivitas dalam komunikasi bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar