Minggu, 06 Mei 2012

Komunikasi Eksternal dalam Komunikasi Bisnis

Ruang lingkup komunikasi eksternal dalam komunikasi bisnis mencakup komunikasidengan pelanggan, penyalur, pemasok, dan agen regulator. Keempat kelompok yang beradadi luar organisasi/lembaga bisnis memiliki kepentingan untuk kelangsungan bisnis.Kelompok tersebut selain menghidupi juga dihidupi oleh organisasi/lembaga bisnis.Kelompok tersebut menentukan kemajuan bisnis sehingga hubungan baik dengan kelompok ini harus dijaga dan dipertahankan dan ditingkatkan, melalui kualitas dan kuantitas komunikasi. Kelompok ini memiliki kepentingan yang tidak sama, misalnya pelanggan yangmemiliki hak untuk memilih dan menentukan produk yang akan digunakan. Sedangkanpenyalur adalah kelompok yang memiliki jaringan distribusi mereka hanya mau menyalurkanproduk yang dikehendaki pelanggan. Pemasok menginginkan adanya transaksi denganorganisasi lembaga bisnis yang memuaskan, sedangkan agen regulator, menginginkan adanyakepatuhan terhadap peraturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar