Minggu, 06 Mei 2012

proses kounikasi bisnis

Dalam komunikasi bisnis dikenal tiga level komunikasi, yakni komunikasi massa,komunikasi kelompok dan komunikasi interpersonal. Komunikasi massa dalam komunikasibisnis diperlukan untuk menyampaikan pesan kepada publik dan menerima pesan dari publik.Agar komunikasi bisnis pada level komunikasi massa berjalan dengan efektif perlumengetahui karakteristik komunikasi massa, yakni: 1. sumbernya terlembagakan, 2. pesannya bersifat publik, 3. medianya bersifat simultan dan periodik, 4. khalayak heterogen, anonim dan tersebar, serta 5. efeknya tidak seketika. Komunikasi kelompok dalam komunikasi bisnis bentuknya sangat bergantung pada jenis kelompok yang dibentuk. Ada beberapa jenis kelompok, seperti: 1. kelompok kerja, 2. focus group, 3. komite, 4. konferensi media, 5. rapat publik. Kegiatan komunikasi bisnispada level komunikasi kelompok ini amat dipengaruhi budaya.Komunikasi bisnis juga berlangsung dalam level komunikasi interpersonal.Komunikasi interpersonal ini merupakan kegiatan memunculkan makna melalui pertukaranpesan. Agar kita memanfaatkan komunikasi interpersonal ini dengan baik kita harus mengingat 10 prinsip komunikasi bisnis. Juga harus mempertimbangkan proses simplifikasidan abstraksi saat mengubah gagasan menjadi pesan. Dalam menyampaikan pesan tersebut,kita juga harus memperhatikan siapa penerima pesan tadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar