Minggu, 06 Mei 2012
Saluran Komunikasi bisnis
Komunikasi formal : mengikuti garis hirarki atau jabatan. Tiga arah komunikasi formal-
- Downward : dari pengambil keputusan ke karyawan; Contoh : Kebijakan, rencana,strategi, instruksi dan prosedur.
- Upward : dari pekerja kepada pimpinan; Contoh : laporan kerja, dan usulan perbaikan.
- Horizontal : sesama karyawan/level yang sama; Contoh : Meeting, e-mail, dan memo.
Komunikasi informal (grapevine) : berdasarkan hubungan sosial:
- Karyawan sering bersosialisasi saat makan siang, istirahat atau pulang kantor.
- Bila banyak informasi yang beredar melalui informal artinya komunikasi formal tidak efektif.
Keuntungan :
• informasinya lebih cepat dan efektif
• bisa mengekspresikan pendapat tanpa ragu-ragu
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar