Senin, 09 April 2012
Mencapai Sukses melalui Komunikasi Bisnis yang Efektif
1. Menjelaskan alasan komunikasi yang efektif merupakan hal penting bagi kesuksesan Anda dalam lingkungan bisnis saat ini
Kemampuan Anda untuk berkomunikasi akan mempengaruhi persepsi orang lain terhadap Anda sebagai seorang profesional bisnis. Selain itu, karena komunikasi memainkan peran kunci dalam usaha untuk memperbaiki efisiensi, kualitas, tingkat respon dan inovasi, komunikasi Anda memengaruhi kesuksesan perusahaan Anda. Sejalan dengan meningkatnya karier Anda dan Anda mencapai posisi dengan tanggung jawab yang lebih besar terhadap organisasi, komunikasi akan menjadi bagian yang semakin penting dan semakin tampak jelas dalam pekerjaan Anda.
2. Mengidentifikasikan tujuh keterampilan komunikasi yang diharapkan para pemberi kerja yang sukses dari para karyawan mereka
Para pemberi kerja mengharapkan para karyawan mempunyai keterampilan seperti mengorganisasikan ide-ide dan informasi secara koheren dan lengkap, mengungkapkan dan menyajikan ide-ide dan informasi secara koheren dan persuasive, mendengarkan orang lain secara efektif, berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dari berbagai latar belakang dan pengalaman, menggunakan teknologi komunikasi secara efektif dan efisien, berkomunikasi dengan bersikap sopan dan beradab yang mencerminkan etikat bisnis yang sesuai harapan, dan berkomunikasi secara etis pilihan-pilihan yang ada tidak benar-benar jelas.
3. Menjelaskan lima karakteristik dari komunikasi bisnis yang efektif
Agar efektif, pesan-pesan bisnis harus praktis. Pesan-pesan bisnis tersebut memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para penerima pesan. Pesan yang efektif tidak dipengaruhi oleh impresi personal ataupun oleh opini semacam itu dengan didukung fakta-fakta yang objektif.
4. Membuat daftar enam factor yang membuat komunikasi bisnis menjadi unik
Komunikasi bisnis berbeda dari komunikasi social dalam enam cara yang penting: globalisasi bisnis yang terus berlangsung dan penghargaan yang makin meningkat terhadap nilai keanekaragaman angkatan kerja, kesadaran yang makin tumbuh di banyak kegiatan bisnis terhadap pentingnya informasi saat ini, penggunaan teknologi yang makin merasap di seluruh komunikasi internal dan eksternal, kebergantungan pada kerja tim semakin tinggi, evolusi struktur organisasi menjadi susunan yang lebih datar dan lebih fleksibel, dan berbagai hambatan terhadap komunikasi yang sukses (termasuk gangguan, informasi yang berlebihan, perbadaan persepsi, perbedaan bahasa, lingkungan yang terlarang, taktik yang memperdaya).
5. Menguraikan lima strategi untuk berkomunikasi dengan lebih efektif di tempat kerja
Agar dapat berkomunikasi dengan lebih efektif di tempat kerja, gunakan lima strategi. Pertama, kurangi gangguan di lingkungan kerja, termasuk tidak mengirimkan pesan-pesan yang tidak penting. Kedua, mengadopsi pendekatan yang berpusat pada penerima, Anda dapat memusatkan diri pada kebutuhan para penerima pesan Anda dan bekerja untuk memastikan bahwa pesan Anda telah terkirim dan diterima dengan baik. Ketiga, Anda perlu menyesuaikan keterampilan komunikasi bisnis Anda. Keempat, dengan memberi dan menerima umpan balik yang konstruktif, daripada umpan balik yang destruktif, Anda akan dapat memusatkan diri pada perbaikan daripada pada kritikan. Dan kelima, menjadi lebih sensitive pada etikat bisnis, Anda mengurangi kemungkinan untuk melakukan kesalahan interpersonal yang tidak perlu terjadi yang dapat memengaruhi komunikasi secara negative.
6. Menjelaskan empat strategi untuk menggunakan teknologi komunikasi dengan sukses
Untuk dapat menggunakan teknologi komunikasi dengan sukses, gunakan strategi-strategi seperti menjaga teknologi dalam perspektif. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa teknologi komunikasi tersebut mendukung usaha komunikasi, daripada membuat komunikasi menjadi kewalahanan atau terganggu karena teknologi. Strategi lain adalah belajar cara menggunakan alat-alat yang digunakan. Selain itu, coba luangkan waktu dan belanjakan uang secara bijaksana, pada sebuah tingkat yang mencerminkan pentingnya usaha komunikasi. Terakhir, dengan lebih sering berhubungan kembali secara langsung dan pribadi dengan orang lain, Anda dapat memastikan bahwa komunikasi Anda berhasil dan teknologi tidak menjadi penghalang antara Anda dan orang-orang yang perlu Anda raih.
7. Membahas pentingnya etika dalam komunikasi bisnis dan membedakan antara dilema etika dan hilang etika
Sebagai tambahan terhadap kebutuhan umum untuk melaksanakan bisnis dalam cara yang etis, komunikasi yang beretika sangat penting terutama dalam bisnis karena komunikasi adalah wajah public sebuah perusahaan, itulah sebabnya mengapa usaha komunikasi secara intens diteliti dengan cermat oleh para pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders). Perbedaan antara dilema etika dan hilang etika adalah maslah kejelasan. Dalam suatu situasi dimana dua atau lebih alternative yang ada tampaknya sama benarnya atau sama salahnya, Anda sedang menghadapi dilema etika karena pilihan yang ada tidak jelas. Berbeda dari hal tersebut, hilang etika terjadi ketika seseorang secara sadar membuat pilihan yang jelas-jelas tidak etis.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar