Kamis, 10 Januari 2013

Prinsip-Prinsip Asuransi Syariah

Prinsip-prinsip asuransi syariah adalah sbb:

1)   Tanggung Jawab Bersama
2)   Saling Membantu dan Bekerjasama
3)   Perlindungan Bersama

Risk Transferring VS. Risk Sharing

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat perbedaan mendasar dan prinsipil dalam hal jaminan/risiko antara asuransi syariah yang menggunakan azaz Risk Sharing(saling menanggung risiko) dengan asuransi konvensional yang menggunakan azaz Risk Transfering (pengalihan risiko).                  

Pada asuransi konvensional, pemilik polis mengalihkan risiko finansialnya kepada perusahaan asuransi. Oleh karena itu dalam asuransi konvensional, hubungan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi dinamai dengan hubungan antara tertanggung dan penanggung. Dan kepemilikan dana pun berpindah dari pemilik polis ke perusahaan asuransi. Dengan demikian, jika suatu saat timbul suatu risiko, maka perusahaan asuransi akan menanggung risiko tersebut karena risiko telah berpindah dari pemilik polis ke perusahaan sebagai konsekuensi dari pembayaran premi. Inilah yang disebut dengan azas Risk Transferring (pengalihan risiko).

Tetapi pada asuransi syariah, hubungan peserta dengan perusahaan asuransi adalah saling menanggung risiko di mana peserta secara bersama-sama dan sukarela mengumpulkan dana dalam bentuk iuran kontribusi ke dalam rekening tabarru'. Sehingga kepemilikan dana atas iuran kontribusi tersebut tetap melekat pada peserta, dan apabila suatu saat timbul suatu risiko, maka para peserta sendirilah yang akan membayarkan klaim atas risiko tersebut dari dana tabarru'. Inilah yang disebut dengan azas Risk Sharing (saling menanggung risiko).

sumber : http://www.sriwulandhani.com/prinsip-prinsip-asuransi-syariah-26.xml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar