Sabtu, 05 November 2011

IDE dan PELUANG DALAM BERWIRAUSAHA

1. Memahami konsep produk atau jasa secara baik Sebelum memulai suatu usaha maka hal yang terpenting adalah pemahaman kita akan konsep produk atau jasa yang akan menjadi bisnis inti. Kita perlu memahami bukan hanya secara teknis produksi tetapi juga pasar dan prospek mulai daripada lingkungan yang terkecil kepada lingkungan yang terbesar. Dalam topik ini dibahas secara menyeluruh aspekaspek yang penting dalam melakukan analisa atas kelayakan dan prospek produk termasuk produk-produk yang sama sekali baru dengan melihat sisi human behavior, kebutuhan pasar dan lainnya. 2. Membuat visi dan misi bisnis Setiap orang yang mau memulai bisnis harus mengetahui visi dan misi yang akan menjadi panduan seseorang untuk tetap fokus kepada tujuan bisnis dan organisasi yang awal. Seringkali suatu usaha pada saat mulai berkembang pada tahap berikutnya mengalami kegagalan karena organisasi tersebut tidak memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan 2 bisnis awal tetapi terlalu banyak mencoba mengembangkan bidang usaha lain yang baru. Dalam topik ini setiap orang akan belajar bagaimana membuat visi dan misi dalam kaitannya dengan latar belakang pribadi dan pengetahuan usaha yang akan anda rintis. 3. Perlunya winning, positive dan learning attitude untuk menjadi sukses Sikap mental merupakan kunci keberhasilan atas usaha anda selain daripada pemahaman usaha anda. there is no over night success sesuatu yang harus dicamkan daripada setiap calon “entrepreneur” karena dibutuhkan waktu, sikap tidak menyerah, proses belajar secara kesinambunga, dan melihat permasalahan secara positif yang tidak membuat anda menjadi patah semangat namun melihat setiap peluang dan belajar atas setiap kegagalan.Anda akan belajar untuk mengembangkan sikap-sikap diatas untuk menjadi “bisnis entrepreneur” yang sukses. 4. Membuat perencanaan dan strategi bisnis yang efektif akan menghindari usaha daripada risiko bisnis dan keuangan. Secara statistik hampir seluruh kegagalan bisnis kecil dan menengah disebabkan karena tidak adanya atau kurang efektifnya perencanaan bisnis yang anda buat. Asumsi-asumsi seperti kapasitas produksi, tingkat utilisasi produksi, proyeksi kenaikan harga dan biaya dan aspek lainnya dalam perencanaan bisnis haruslah menggambarkan secara akurat realitas pasar atau praktek yang ada dalam suatu industri. Sistematika perhitungan dan proyeksi pendapatan dan biaya harus dibuat secara tepat sehingga membantu setiap calon pengusaha untuk menghitung secara akurat kebutuhan modal investasi dan modal kerja termasuk struktur biaya untuk persiapan awal, tahap percobaan, produksi secara komersial, inventori, distribusi, pemasaran, administrasi, sumber daya manusia dan juga komponen pendapatan usaha yang terdiri dari pendapatan inti dan tambahan. Pemahaman yang baik atas hal ini juga akan membantu calon entrepreneur untuk dapat mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan dan membuat langkah-langkah pengendalian untuk dapat menghindari setiap resiko tersebut. 5. Pengetahuan dasar manajemen, organisasi dan sistem akan menghindariusaha daripada risiko manajemen.Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan manajemenyang baik untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distribusi danpenjualan berlangsung dengan baik. Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yangterbuang, pekerja yang tidak produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang tidak jelas, koordinasi dan komunikasiantar pegawai yang tidak efektif sehingga banyak keputusan yang terlambat, perekrutan pegawai yang tidak efektif sehingga banyak pegawaiyang keluar masuk dan membuang banyak waktu dan biaya, pelatihan yang tidak baik sehingga produktivitas pegawai yang rendah dan masihbanyak lagi permasalahan organisasi. Dalam topik ini kami akan memberikan pengetahuan dasar dan aspek-aspek yang sangat pentingyang harus dipelajari oleh calon bisnis entrepreneur untuk menghindari resikomanajemen yang dapat menyebabkan kegagalan usaha. 6. Optimalisasi sumber daya manusia maka 50% usaha Anda sudah berhasil.Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilanusaha yang sangat penting. Banyak pakar yang menyadari bahwasanyauntuk memulai usaha seringkali apabila kita merekrut pegawai yang tepatdan berpotensi sangat baik dapat menutup kelemahan manajemen,organisasi dan sistim dalam jangka pendek. Dengan SDM yang tepat makakita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses. Topik ini akan membantu kita untuk memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai dengankebutuhan usaha, manajemen SDM secara umum termasuk sistim penilaiankinerja pegawai sehingga setiap pegawai akan merasa puas dan jugabagaimana memotivasi pegawai baik secara psikologi umum maupundengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja pegawai. 7. Mengapa kreativitas, kepemimpinan dan proses pembuatan keputusansangat penting?Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan mengalami banyak permasalahan dan krisis. Banyak kegagalan terjadikarena kurangnya kreativitas, kepemimpinan dan pembuatan keputusan yang tepat untuk mencari solusi yang baik. Kreativitas seperti “thinkingoutbox” atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luarpemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akansangat membantu usaha anda untuk berhasil. Kreativitas juga akan sangat membantu anda untuk menyesuaikan produk-produk anda agar dapatditerima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangunusaha anda. Kepemimpinan sangat penting dalamkrisis untuk membuatsetiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha anda percayabahwasanya anda tidak panik, menjadi tempat last resort solusi atas semua 8. Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaanPemahaman atas aspek ini adalah sangat penting dalam perkembanganusaha anda. Seringkali produksi terganggu karena pengelolaan keuanganyang tidak baik seperti kekurangan dana untuk pembelian bahan baku, alat-alat produksi dan lainnya. Dalamtopik ini akan dibahas pengetahuandasar atas cash flow atau arus kas yang seperti darah dalam tubuh manusia, biaya pendanaan, pembiayaan modal kerja dan investasi, struktur modal,aset perusahaan, penyertaan modal dan lainnya. 9. Pemasaran, pelayanan dan product brandPemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan penjualan produk ataujasa. Sebaik apapun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik makaakan sangat sukar untuk meningkat penjualan dan keuntungan usaha. Dilain pihak tanpa pelayanan yang baik kepada pelanggan maka akan sangat sukar suatu usaha untuk memperoleh pelanggan yang loyal yangmerupakan kunci perkembangan usaha. Dengan pelanggan yang loyalmaka pekerjaan pemasaran akan lebih mudah karena pelayanan yang baikakan menciptakan product brand yang baik kepada calon pelangganbaru. Dalam topik ini akan dibahas secera menyeluruh semua aspek penting alam membuat strategi pemasaran, identifikasi pelayanan yangdibutuhkan pelanggan dan bagaimana menciptakan product brand danefeknya kepada keberhasilan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar